Wednesday , 20 September 2017
Ini Kriteria Produk yang Bagus Dijual Secara Online

Ini Kriteria Produk yang Bagus Dijual Secara Online

Saat ini bisnis online memang sedang marak dilakukan oleh para pelaku bisnis. Bagaimana tidak, peluang bisnis dengan cara ini memang cukup besar. Masyarakat di Indonesia pun cepat beradaptasi dengan sistem belanja online yang cepat, mudah, dan praktis. Walaupun masih banyak juga yang belum memahami sistem bisnis online, terutama untuk masyarakat Indonesia yang ada di pelosok.

Bisnis online memang membutuhkan modal yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan bisnis offline karena tidak membutuhkan tempat fisik untuk berjualan. Tempat fisik memang cukup mahal, misalnya saya harus menyewa maupun membeli stand atau ruko untuk berjualan. Sedangkan bisnis online hanya membutuhkan website atau media sosial yang relatif murah bahkan gratis untuk lapak berjualan.

Sebelum berjualan online, hal mendasar yang harus diperhatikan ialah mengenai produk atau barang yang akan dijua. Apalagi bisnis online memang belum sepenuhnya bisa dengan mudah mendapatkan kepercayaan dan respon yang positif dari masyarakat. Tentu saja untuk menyikapi hal ini, Anda harus ekstra berhati-hati dalam memilih barang yang akan dijual di lapak online Anda tersebut. Pemilihan produk yang dijual akan menentukan kemajuan dan perkembangan bisnis online Anda ke depannya. Bagaimana caranya agar bisa memilih produk yang dijual online secara tepat? Berikut ini merupakan beberapa kriteria produk yang bagus dijual secara online.

Diminati banyak orang

Hal pertama yang harus diperhatikan ialah jumlah peminat barang tersebut. Semakin banyak peminat, maka akan semakin besar pula kesempatan Anda untuk mengembangkan bisnis online tersebut. Namun sebaliknya, jika barang tersebut sedikit peminatnya, maka bisnis online Anda juga semakin sulit untuk berkembang. Biasanya produk yang memiliki banyak peminat antara lain makanan dalam kemasan dan makanan. Keduanya merupakan kebutuhan pokok di mana hampir setiap orang membutuhkannya.

Baca Juga :   Perhatikan Hal ini Ketika Menjadikan Teman Sebagai Karyawan Usaha Anda

Harga barang

Dalam bisnis online, harga barang juga cukup menentukan. Jika harga produk yang dijual lebih murah daripada ongkos kirimnya, maka biasanya banyak pelanggan yang enggan untuk membeli atau melakukan transaksi. Sebaiknya cari barang yang dijual dengan harga di atas ongkos kirim, namun harus tetap sewajarnya.

Bukan produk musiman

Poin ketiga adalah bukan produk musiman. Jangan memilih produk yang hanya akan laku pada saat musim tertentu saja. Misalnya, jas hujan saat musim hujan atau kue kering saat mendekati perayaan natal. Tentu saja produk Anda tidak akan laku pada saat musim telah berganti. Bisnis Anda pun menjadi tidak berkembang.

Unik dan sulit ditemukan

Selain mencari produk yang banyak dicari, Anda juga bisa menjual barang yang unik dan sulit ditemukan. Jika Anda bisa menjual produk-produk yang jarang ada di toko lain, maka Anda bisa mendapatkan hati konsumen lebih lagi, terutama bagi konsumen yang sering mencari barang-barang unik tersebut.

Persaingan produk tidak ketat

Poin yang terakhir ialah mencari produk yang persaingannya tidak ketat. Dengan kata lain, mencari produk unik yang sulit ditemukan seperti poin nomor 4. Anda bisa memilih produk yang peminatnya cukup banyak, namun tingkat persaingan dengan toko lain tidak terlalu ketat.

Kelima poin di atas dapat dijadikan sebagai acuan dalam memilih produk yang akan dijual di toko online Anda. Intinya, pilih produk yang benar-benar diinginkan oleh pasar. Namun persiapkan juga solusi untuk risiko-risiko yang akan dihadapi seperti barang kurang laku atau omzet menurun. Selamat mencoba berbisnis online!

About Cynthia Cecilia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

error: Content is protected !! do not copy without permision !!