Wednesday , 20 September 2017
Ini Penyebab Toko Online Sulit Berkembang
Penyebab Toko Online Sulit Berkembang

Ini Penyebab Toko Online Sulit Berkembang

Di era teknologi yang semakin canggih seperti saat ini, hampir semua barang atau jasa bisa diperjualbelikan secara online. Mulai dari pakaian, makanan, gadget, perangkat elektronik, jasa penulisan, hingga training. Perkembangan bisnis di dunia maya memang semakin meningkat. Tidak bisa dipungkiri internet memang memberikan beragam kemudahan dalam bertransaksi maupun berpromosi. Kita bisa melihat banyak sekali orang yang telah sukses berjualan secara online. Namun walaupun banyak orang mengatakan bahwa bisnis online itu mudah, masih ada penjual online yang bisa dikatakan ‘belum berhasil’ atau sulit berkembang. Memang bisnis online tidak bisa dianggap remeh dan gampang. Dibutuhkan kerja keras dengan sungguh-sungguh jika ingin berhasil, sama seperti dengan jualan secara offline. Lalu apa saja faktor yang bisa menyebabkan sebuah toko online bisa dikatakan sulit berkembang? Berikut ini merupakan 5 penyebab toko online sulit berkembang.

Tampilan situs yang kurang menarik

Anda harus menyadari bahwa situs bisnis yang Anda gunakan merupakan sebuah lapak yang dipakai untuk berjualan. Ibarat sebuah toko, toko tersebut harus mampu menarik para pengunjung. Tentu saja tampilan sebuah situs online bisnis akan sangat berpengaruh terhadap transaksi pengunjungnya. Bayangkan saja jika ada pengunjung yang melihat bahwa situs belanja tersebut tidak menarik atau bahkan tidak jelas urutan transaksinya, pasti mereka tidak akan melakukan transaksi kan? Oleh karena itu, luangkan waktu Anda untuk memperbaiki dan meninjau kembali situs bisnis Anda. Tinjau dan perbaiki mulai dari tampilan hingga isi. Buat tampilan dan isi yang mampu menarik para konsumen untuk melakukan transaksi.

Penyebab Toko Online Sulit Berkembang

Penyebab Toko Online Sulit Berkembang

Tidak menguasai pemasaran online

Hal lain yang tak kalah pentingnya dalam berbisnis online ialah mengetahui pemasaran online pada bisnis yang sedang Anda jalankan. Apa sajakah pemasaran online yang dimaksud? Misalnya saja, keyword apa saja yang berhubungan dengan bisnis Anda. Keyword atau kata kunci tersebut nantinya bisa disisipkan dalam website atau media sosial. Sehingga para calon pembeli dapat dengan mudah menemukan situs bisnis Anda melalui mesin pencarian.

Baca Juga :   5 Teknologi yang Harus Dimiliki Saat Membangun Startup

 

Kurangnya partner atau mitra bisnis

Poin ketiga yang penting untuk diperhatikan ialah kurangnya partner atau mitra bisnis. Maksudnya, Anda sebagai penjual online seharusnya bisa membangun kerja sama yang baik dengan mitra bisnis lainnya. Misalnya dengan cara membuat program reseller atau dropship kepada para penjual yang ingin menjual barang Anda secara mandiri. Tentu saja hal ini akan sangat membantu pengembangan bisnis Anda karena mereka juga ikut memasarkan dan menjual produk Anda. Jangan takut mendapatkan untung sedikit dari sistem penjualan ini. Tentu saja walaupun untungnya sedikit, namun bisnis Anda akan semakin berkembang.

Pemasaran melalui media sosial kurang

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini media sosial sangat berpengaruh terhadap penjualan online. Hampir seluruh orang di dunia ini memiliki akun media sosial, mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, hingga Path. Frekuensi penggunaan seluruh media sosial tersebut juga sangat tinggi. Artinya, hampir setiap detik seluruh orang di dunia sedang membuka media sosial. Tentu saja Anda tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan ini kan? Maka dari itu, lakukan promosi melalui media sosial sebanyak mungkin. Jika memungkinkan, promosikan bisnis Anda ke seluruh media sosial yang ada, bahkan hingga YouTube. Beberapa taktik menarik pelanggan yang bisa dilakukan antara lain membagikan artikel bermanfaat yang berhubungan dengan bisnis, sering melakukan kuis atau promo berhadiah melalui media sosial, dan membagikan hal-hal yang bermanfaat. Dan jangan lupa untuk selalu aktif menyapa followers agar akun bisnis Anda terlihat hidup. Percuma saja kan jika followers banyak tapi tidak aktif? Hal ini tidak akan menambah keuntungan apapun untuk bisnis Anda.

Keempat hal tadi merupakan beberapa penyebab mengapa toko online menjadi kurang bermanfaat. Setelah mengetahui penyebabnya, langkah selanjutnya adalah membenahi seluruhnya. Anda sudah siap untuk meraup keuntungan banyak, kan? Selamat mencoba!

Baca Juga :   Penting nya list building untuk bisnis online

 

About Cynthia Cecilia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

error: Content is protected !! do not copy without permision !!