Saturday , 18 November 2017
Tips Memilih Nama Domain Toko Online

Tips Memilih Nama Domain Toko Online

Percayakah Anda bahwa nama website yang menarik dapat memberikan dampak besar bagi kelangsungan bisnis online Anda? Namun sebelum memilih nama domain, ada banyak pertimbangan yang harus diperhatikan. Di saat ini lah banyak pebisnis yang sering merasa kebingungan untuk menentukan. Lalu apa saja hal-hal yang sebaiknya diperhatikan sebelum memilih nama domain untuk website bisnis kita? Berikut ini merupakan tips memilih nama domain toko online yang menarik.

Pilih nama domain yang singkat

Sebaiknya nama domain yang digunakan di website singkat saja. Jangan terlalu panjang agar mudah diingat. Nama domain yang panjang dan rumit akan menyulitkan orang lain untuk mengingat. Anda bisa membuat nama domain yang singkat, maksimal dua puluh karakter. Namun lebih baik lagi jika hanya sepuluh karakter saja.

Membuat nama domain menjadi berkesan

Selain mudah diingat, sebaiknya nama domain juga dibuat berkesan agar semakin mudah diingat. Pilih nama yang bisa menimbulkan kesan tegas serta mewakili usaha yang sedang dijalankan. Memilih nama domain yang berkesan akan memudahkan orang untuk mengingat kembali situs bisnis Anda. Hindari singkatan atau kata-kata yang sulit untuk dibaca.

Nama domain harus mudah dieja

Jangan pernah memilih nama domain yang sulit dieja oleh calon pelanggan Anda. Pakai kata atau istilah-istilah yang umum dan lazim. Namun jika tidak memungkinkan, sebaiknya Anda menggunakan nama perusahaan atau brand dari produk Anda.

Pilih ekstensi yang populer dan mudah diingat

Sebaiknya Anda pilih ekstensi domain yang tepat. Saat ini ada beberapa ekstensi domain yang tersedia, antara lain domain .com untuk badan komersial, .org untuk lembaga organisasi, .net untuk penyedia jaringan ISP, .mil untuk lembaga militer, dan .edu untuk institusi pendidikan. Namun untuk saat ini, ekstensi domain yang paling mudah diingat oleh banyak orang adalah .com. Kemudian ekstensi kedua yang terbaik ialah .net.

Baca Juga :   Jualan di Marketplace atau di Toko Online Sendiri?

Jangan memakai simbol

Hindari nama domain yang mengandung simbol berupa angka maupun tanda penghubung. Biasanya orang cenderung akan mengetik nama domain suatu website tanpa tanda penghubung, alias digandeng semua. Namun jika memang terpaksa harus menggunakan tanda penghubung atau angka, jangan memilih nama domain yang terlalu panjang.

Nama domain harus bersifat deskriptif

Nama domain harus bersifat deskriptif, maksudnya nama yang bisa menjelaskan tentang bisnis yang sedang Anda jual. Nanti pengunjung website Anda akan lebih cepat dan mudah untuk mengasosiakan nama domai dengan bisnis Anda.

Memakai nama pribadi dan kata kunci tertarget

Anda bisa menggunakan nama pribadi atau nama panggilan yang singkat sebagai domain, jika ingin blog atau website pribadi Anda menjadi lebih cepat dikenal orang. Sedangkan untuk bisnis, Anda bisa menggunakan kata kunci tertarget seperti bisnisinternet.com, kerjafreelance.com, dan masih banyak lainnya.

Menggabungkan nama merek atau perusahaan

Anda bisa menggabungkan nama suatu merek atau perusahaan dengan jenis usaha yang sedang dijalani. Misalnya, Anda memiliki usaha di bidang produksi, kemudian Anda memiliki nama usaha. Gabungkan keduanya menjadi satu dengan rumus nama brand + jenis usaha (bisa juga dibalik). Misalnya, intanbatik.com atau batikintan.com.

Itu tadi beberapa tips untuk memilih nama domain yang baik agar bisa cepat dikenal oleh orang, terutama calon pembeli dan klien. Anda bisa mengeksplor nama domain sebanyak-banyaknya. Ada banyak nama domain dari berbagai bisnis yang bisa dijadikan sebagai inspirasi. Selamat mencari nama domain yang tepat untuk blog atau website Anda!

About Cynthia Cecilia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

error: Content is protected !! do not copy without permision !!