Wednesday , 20 September 2017
Jualan di Marketplace atau di Toko Online Sendiri?

Jualan di Marketplace atau di Toko Online Sendiri?

Banyak pebisnis yang sering menanyakan, lebih baik berjualan di marketplace atau di toko online milik sendiri? Sebenarnya keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan.

Seperti yang kita ketahui, beberapa tahun terakhir ini sistem belanja online di Indonesia semakin meningkat tajam. Semakin banyak orang yang merasa lebih nyaman saat berbelanja online, daripada offline. Hal ini didasari banyak faktor. Salah satunya karena lebih mudah dan praktis. Banyak orang yang memiliki waktu sempit untuk berbelanja. Sehingga dengan belanja secara online, waktu yang dikeluarkan untuk belanja juga akan lebih hemat. Selain itu, munculnya internet yang semakin kencang dan perangkat yang murah juga semakin mendukung belanja online. Maka dari itu, pertumbuhan omset belanja online di Indonesia menunjukkan grafik naik secara tajam.

Menjamurnya belanja online membuat banyak pengusaha yang banting setir pada toko online atau yang sering disebut dengan e-commerce. Ada banyak cara maupun strategi yang bisa dilakukan untuk menjual sebuah barang atau jasa secara online. Sangking banyaknya platform yang dapat digunakan, banyak orang yang merasa bingung mulai dari mana, kemudian platform mana yang paling efektif. Termasuk pertanyaan membingungkan tadi, “sebaiknya berjualan di marketplace atau toko online sendiri?” Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang dapat menjadi pembanding.

Kelebihan berjualan di marketplace

  1. Lebih mudah untuk jualan karena sistem dan prasarana sudah disediakan. Kemudahan seperti ini cocok untuk pebisnis online yang masih awam. Anda hanya tinggal membuat akun, mengupload foto-foto produk, dan memberikan keterangan saja. Selesai!
  2. Biasanya marketplace yang bagus akan ramai dikunjungi. Jadi kemungkinan barang dagangan Anda dilirik oleh customer akan lebih tinggi.

Kekurangan berjualan di marketplace

  1. Marketplace yang terkenal dan ramai biasanya memiliki banyak penjual. Otomatis pesaing Anda juga akan semakin besar. Misalnya saja penjual barang dengan barang yang sejenis pasti akan sangat banyak. Pasti akan terjadi perang harga, sehingga dapat menyebabkan low profit margin.
  2. Customer akan mudah melihat barang dagangan dari penjual lain (ibarat sebuah pasar)
  3. Anda tidak bisa membangun sebuah brand dari bisnis online yang dilakukan di marketplace. Biasanya customer akan lebih mengingat nama website dari marketplace-nya saja, bukan nama toko Anda.
  4. Anda tidak memiliki kontrol terhadap tempat jualan Anda. Bisa saja suatu saat perusahaan marketplace itu tutup atau membuat peraturan baru yang tidak menguntungkan Anda.
Baca Juga :   7 Faktor Penting Dalam SEO On-Page Blog

Kelebihan berjualan di toko online sendiri

  1. Anda bisa mengontrol sepenuhnya website toko online yang Anda gunakan
  2. Anda bisa membangun brand nama toko online Anda dengan website sendiri
  3. Customer akan lebih mudah mengingat nama brand Anda dari nama domain website Anda. Kemungkinan mereka akan kembali belanja lebih besar.
  4. Persaingan kecil karena tidak ada penjual lain di toko Anda. Customer juga tidak mudah nyasar ke penjual lain

Kekurangan jualan di toko online sendiri

  1. Tingkat berjualan akan lebih sulit karena Anda harus membangun toko online sendiri dari nol. Mulai dari membuat website hingga promosi di berbagai media sosial.
  2. Anda harus mempromosikan dan mendatangkan visitor sendiri, tanpa bantuan marketplace yang biasanya sudah ramai pengunjung. Sehingga Anda perlu belajar tentang marketing online di internet.
  3. Biasanya customer yang belum pernah belanja akan sering ragu karena tidak mengetahui apakah toko online Anda benar-benar terpercaya atau tidak

Jadi mana yang lebih baik? Sebenarnya keduanya sama baiknya. Tinggal bagaimana Anda sebagai pelaku bisnis ingin menjalankan cara yang mana untuk berjualan online.

About Cynthia Cecilia

One comment

  1. wih, baru tau nih… artikel menarik… keep posting yah… ijin bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

error: Content is protected !! do not copy without permision !!