Wednesday , 20 September 2017
6 Tips Menjalankan Bisnis Online Dengan Memanfaatkan Twitter

6 Tips Menjalankan Bisnis Online Dengan Memanfaatkan Twitter

Kini media sosial bukan hanya sebagai ajang untuk bersosialisasi semata. Seiring perkembangan zaman dan berkembangnya teknologi, sosial media banyak digunakan sebagai kendaraan untuk meraup uang. Sosial media yang go life pada tahun 2006 ini, setiap tahun penggunanya meningkat dan hal ini di nyatakan langsung oleh CEO Twitter Dick Costolo yang di lansir oleh oleh CNNIndonesia.com, bahwa pengguna #Twitter di Indonesia jumlahnya mencapai 50 juta pengguna, dan angka ini akan terus bertambah setiap tahunnya.

Tampaknya fakta inilah yang di manfaatkan oleh sebagian orang kreatif untuk mencari penghasilan tambahan, bahkan bagi sebagian orang menjadi pekerjaan utama. Lalu bagaimana langkah-langkah untuk memulai bisnis online ini dan mendapat keuntungan dari Twitter? Kegiatan online sudah menjadi hal yang lumrah di masyarakat kita, semua kegiatan bisa dilakukan dengan online, contohnya jual-beli online, pembayaran cicilan online, bahkan pembayaran listrik pun bisa online.

Hal inilah yang menjadi peluang bagi kita untuk bisa memanfaatkan koneksi internet, salah satunya dengan membuka #bisnis online. Apapun produk yang akan anda jual, dengan sistem online semua bisa di lakukan asalkan kita ada kemauan untuk belajar beradaptasi. Pada tulisan kali ini kami akan berbagi bagaimana startup memulai sebuah bisnis online dengan memanfaatkan Twitter.

1. Username Menandakan Bisnis Anda

Mulailah dengan memikirkan username yang akan digunakan di akun Twitter untuk berjualan. Username adalah brand Anda, nama yang mewakili produk yang akan dijual. Dengan username ini calon konsumen tidak harus repot-repot menanyakan produk apa yang Anda jual, dan tidak perlu menjelaskan dengan rumit untuk menjelaskan produk Anda karena calon konsumen sudah tahu produk apa yang ditawarkan.

Username bisnis Anda harus mendreskripsikan produk yang dijual. Contohnya jika Anda berjualan pakaian bayi, maka bisa menggunakan username “My Baby Shop”. Sangat salah besar jika Anda menjual pakaian bayi tapi menggunakan username “My Beauty Shop”, karena nama Beauty cenderung dengan produk kecantikan. Dari illustrasi di atas pastinya Anda sudah bisa menentukan username yang cocok untuk digunakan sebagai brand produk Anda bukan? Jika sudah, silahkan memasuki langkah selanjutnya.

Baca Juga :   Melejitkan Penjualan Dengan Mudah Di Media Social

2. Gunakan Avatar Yang Menjual

Langkah kedua setelah menentukan Username Twitter Anda, maka selanjutnya memasang Avatar pada akun Twitter. Avatar adalah photo profile dari akun Twitter anda, avatar ini sangatlah penting karena berupa gambar yang akan menjelaskan detail produk yang dijual, maka buatlah avatar yang sangat menarik, unik dan informatif. Avatar bisa berupa logo dari bisnis online Anda, gambar produk, bahkan gambar yang menjelaskan event-event atau promo-promo tertentu. Lalu buatlah jadwal berkala untuk mengatur pergantian avatar ini, karna calon konsumen mungkin akan bosan dan menganggap bisnis online Anda tidak update.

Contohnya pada minggu pertama Anda mengunggah foto profil berupa logo bisnis online Anda, lalu minggu kedua menggantinya dan mengunggah gambar produk Anda yang sudah lulus editing pastinya, dan minggu ketiga mengunggah gambar yang menjelaskan bahwa toko online Anda sedang membuat promo atau kuis, dan begitulah seterusnya pikirkan sekreatif mungkin anda mengemasnya.

Lalu di balik foto profil Anda, ada foto header. Header di sini bisa digunakan sebagai banner promosi Anda, sama halnya dengan berjualan konvensional. Teknik menggunakan banner atau beckdrop ini juga sangat ampuh untuk menjaring calon konsumen, buatlah sesederhana mungkin dan tidak berlebihan.

3. Membuat Bio Yang Informatif dan Menarik

Bio atau profil adalah deskripsi singkat dari produk Anda, bisa berisi info product, contact person, tagline/ slogan atau link website/toko online Anda. Pada langkah ini, buatlah profil singkat mengenai bisnis Anda, karena keterbatasan penggunaan karakter yang hanya 160 karakter, maka buatlah profil yang singkat, padat dan menjual.

Jangan membuat deskripsi profil yang terlalu rumit, karna calon konsumen terkadang hanya ingin mencari tahu contact person Anda, link website untuk meninjau produk, ataupun alamat toko Anda jika sudah mempunyai toko.

4. Mulailah Mem-follow

Cara kerja Twitter adalah dengan Follow and Follow Back. Untuk stratup mulailah dengan memfollow orang lain, disarankan follow lah akun yang mungkin dapat memberikan kontribusi positif pada bisnis online Anda, contohnya dengan memfollow akun-akun bisnis coaching, akun-akun yang menjual produk serupa dengan produk yang Anda jual, dengan begitu Anda akan dapat dengan mudah beradaptasi dan bersaing dengan mereka. Ambil sisi positif dari para pesaing karena partner yang baik adalah pesaing Anda.

Baca Juga :   Memanfaatkan Facebook Ads untuk Meledakkan Popularitas Fans Page

5. Mulailah Nge-Twit

Twit atau nge-twit adalah istilah yang berarti memposting tulisan atau berbagi sesuatu pada pengguna lain melalui status di Twitter. Jika hendak berjualan di Twitter maka mulailah memberikan tulisan yang bermanfaat terlebih dahulu. Dalam nge-twit ini mempunyai teknik dan tidak asal-asalan. Mulailah memberikan twit yang bermanfaat, twit yang informatif yang akan menarik calon pembeli untuk memfollow akun Anda.

Memposting tulisan tidak selalu harus menjual produk, selingi dengan twit-twit yang fresh bisa berupa kultwit, candaan atau humor karna terlalu kaku pun tidak baik karna pembeli akan bosan. Mulailah menjadwal twit-twit yang akan Anda posting, setidaknya dalam sehari Anda sudah menyiapkan materi yang akan di posting untuk satu hari kedepan, hal ini untuk menghindari akun Twitter Anda stuck atau kosong di hari-hari tertentu.

Pahami dan cobalah untuk meriset perilaku konsumen Anda, pastikan waktu postingan tepat, biasanya pada saat pagi antara jam 7 sampai jam 8, lalu jam makan siang dan pada malam hari antara jam 8 sampai 10 malam. Pada jam-jam tertentu itu postinglah produk anda atau deskripsi produk Anda, di luar waktu tadi buatlah postingan selingan bisa berupa tips-tips atau kultwit.

6. Lakukan Dengan Konsisten!

Point terakhir adalah lakukan langkah-langkah di atas dengan Konsisten! Kenapa kata konsisten saya Bold dan dengan di bubuhi tanda seru? Ini untuk menegaskan bahwa pentingnya konsitensi dalam mengelola akun Twitter Anda, karena semua point yang sudah kita bahas panjang dan sangat lebar tadi akan menjadi sangat sia-sia bila tidak dilakukan dengan konsisten. Langkah di atas adalah langkah sederhana bagaimana menjalankan bisnis online dengan memanfaatkan Twitter. Tapi akan menjadi sangat dahsyat bila di lakukan dengan sangat konsisten.

Tidak ada sesuatu hal baik yang akan sia-sia bila kita lakukan dengan penuh kerja keras dan konsistensi, mulailah dengan action.

About ZULFIANTO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

error: Content is protected !! do not copy without permision !!